Photobucket Photobucket Photobucket

Ngeblues

Ngeblues

Pirates

Pirates

BATASAN KEPRIBADIAN

Jumat, 25 Februari 2011

Oleh : Taufik Nurrohim[1]
            Kata personality dalam bahasa inggris berasal dari bahasa Yunani-kuno prosopon atau persona, yang artinya “topeng” yang biasa dipakai artis dalam teater. Para artis itu bertingkah laku sesuai dengan ekspresi topeng itu mewakili ciri kepribadian tertentu. Jadi konsep awal dari pengertian personality (dari masyarakat awam) adalah tingkah laku yang ditampakan ke lingkungan sosial – kesan mengenai diri yang diinginkan agar dapat ditangkapoleh lingkungan sosial. Ketika personality menjadi istilah ilmiah pengertianya berkembang menjadi lebih bersifat internal, sesuatu yang relatif permanen, menuntun, mengarahkan, dan mengorganisir aktivitas manusia. Ada beberapa kata atau istilah yang oleh masyarakat diperlukan sebagai sinonim kata personality, namun ketika istilah-istilah itu dipakai dalam teori psikologi kepribadian diberi makna yang berbeda-beda. Istilah yang berdekatan maknanya itu antaralain:
1.      Personality (kepribdian): penggambaran tingkah laku secara deskriptif tanpa memberi nilai (devaluative).
2.      Character (karakter): penggambaran tingkah laku dengan menonjolkan nilai (benar-salah, baik-buruk) baik secara eksplisit maupun implisit.
3.      Disposition (watak): karakter yang telah lama dimiliki dan sampai sekarang belum berubah.
4.      Temperamen (temperamen): kepribadian yang berkaitan erat dengan determinan biologik atau fisiologik, disposisi hereditas.
5.      Traits (sifat): respon yng senada (sama) terhadap sekelompok stimuli yang mirip, berlangsung dalam kurun waktu yang (relatif) lama.
6.      Type-attribute (ciri):mirip dengan sifat, namun dalam kelompok stimuli yang lebih terbatas.
7.      Habit: (kebiasaan) respon yang sama cenderung berulang untuk stimulus yang sama pula.
Sampai sekarang, masih belum ada batasan formal personality yang mendapat pengakuan atau kesepakatan luas dilingkungan ahli kepribadian. Variasi definisi itu bukan sekedar variasi cara merangkum pengertian: model definisi omnibus, integratif, subtantif, atau operasional, tetapi memang definisi itu membatasi konsep yang berbeda. Masing-masing pakar kepribadian membuat definisi sendiri-sendiri sesuai dengan paradigma yang mereka yakini dan fokus analisis dari teori yang mereka kembangkan. Berikut beberapa contoh definisi kepribadian itu:
1.      Kepribadian adalah nilai sebagai stimulus sosial, kemampuan menampilkan diri secara mengesankan (Hilgard & Marquis)
2.      Kepribadian adalah kehidupan seseorang secara keseluruhan, individual, unik, usaha mencapai tujuan, kemampuanya bertahan dan membuka diri, kemampuan memperoleh pengalaman (Stern).
3.      Kepribadian adalah organisasi dinamik dalam sistem psikofisiologik seseorang yang menentukan model penyesuaianya yangunik dengan lingkunganya (Allport).
4.      Kepribadian adalah pola trait-trait yang unik dari seseorang (Guiford).
5.      Kepribadian adalah seluruh karakteristik seseorang atau sifat umum banyak orang yang mengakibatkan pola yang menetap dalam merespon suatu situasi (Pervin)
6.      Kepribadian adalah seperangkat karakteristik dan kecenderungan yang stabil, yang menetukan keumuman dan perbedaan tingkah laku psikologik (berfikir, merasa dan gerakan) dari seseorang dalam waktu yang panjang dan tidak dapat difahami secara sederhana sebagai hasil dari tekanan sosial dan tekanan biologik saat itu (Maddy dan Burt).
7.      Kepribadian adalah suatu lembaga yang mengatur organ tubuh, yang sejak lahir sampai mati tidak pernah berhenti terlibat dalam pengubahan kegiatan fungsional (Murray).
8.      Kepribadian adalah pola khas dari fikiran, perasaan, dan tingkah laku yang membedakan orang satu dengan yang lain dan tidak berubah lintas waktu dan situasi (Phares).
Jelas, masing-masing definisi mencoba menonjolkan aspek yang berbeda-beda, dan disusun untuk menjawab tantangan permasalahan yang berbeda-beda. Menggabungkan definisi-definisi itu menjadi satu, yang berarti menggabungkan semua teori psikologi kepribadian mungkin akan menjadi usaha yang sangat melelahkan, disamping juga tidak ada gunanya karena teori itu justru akan kehilangan nilai aplikasi pragmatisnya. Lebih menguntungkan memahami berbagai teori dan memilih teori yang tepat untuk diterapkan pada masalah yang tepat, di samping tetap memakai teori-teori yang lain sebagai pembanding sehingga keputusan profesional yang diambil seorang psikolog dapat lebih dipertanggung jawabkan. Namun sesungguhnya dari berbagai definisi itu, ada lima persamaan yang menjadi ciri bahwa definisi itu adalah definisi kepribadian, sebagai berikut:
1.      Kepribadian bersifat umum: kepribadian menunjuk kepada sifat umum seseorang – fikiran, kegiatan, dan perasaan – yang berpengaruh secara sistemik terhadap keseluruhan tingkahlakunya.
2.      Kepribadian bersifat khas: Kepribadian dipakai untuk menjelaskan sifat individu yang membedakan dia dan orang lain, semacam tanda tangan atau sidik jari psikologik, bagaimana individu berbeda dengan orang lain.
3.      Kepribadian berjangka lama: Kepribadian dipakai untuk menggambarkan sifat individu yang awet, tidak mudah berubah sepanjang hayat. Kalau terjadi perubahan biasanya bersifat bertahap atau akibat merespon sesuatu kejadian yang luar biasa.
4.      Kepribadian bersifat kesatuan: Kepribadian dipakai untuk memandang diri sebagai unit tunggal, struktur atau organisasi internal hipotetik yang membentuk kesatuan dan konsisten.
5.      Kepribadian bisa berfungsi baik atau berfungsi buruk: Kepribadian adalah cara bagaimana orang berada di dunia. Apakah dia tampil dalam tampilan yang baik, kepribadianya sehat atau kuat? Atau tampil sebagai burung yang lumpuh? Yang berarti kepribadianya menyimpang atau lemah? Ciri kepribadian sering dipakai untuk menjelaskan bagaimana dan mengapa orang senang dan mengapa susah, berhasil atau gagal, berfungsi penuh atau berfungsi sekedarnya.
Referensi:
Alwisol (2004). Psikologi Kepribadian. Malang: Penerbit UMM Press


[1] Penulis adalah mahasiswa psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2008


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar